gambar ilustrasi

Teknik Menggambar Ilustrasi: Pengertian, Macam, Alat dan Bahan

Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, kini perkembangan dunia seni pun ikut berubah. Seperti dengan hadirnya informasi teknik menggambar ilustrasi, umumnya gambar tersebut seringkali Anda temukan di beberapa sosial media dengan tujuan memperjelas suatu ide cerita.

Apa Itu Menggambar?

Sebelum menginjak ke pembahasan lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui apa itu menggambar terlebih dahulu. menggambar merupakan salah satu teknik yang tidak hanya berkaitan erat dengan aktivitas fisik saja. Melainkan mental pun juga ikut bekerja / berhubungan dengan ketrampilan seseorang.

Sedangkan mental sendiri merupakan sebuah rasa, daya cipta dan juga karsa yang bisa memenuhi kebutuhan setiap orang. Aktivitas menggambar ini tidak hanya dilakukan oleh orang yang sudah mahir saja. Mereka yang sangat suka gambar pun, bisa melatih skillnya menjadi lebih maksimal.

Tentu saja proses / tahapan belajar tidak semudah itu, karena memerlukan waktu yang cukup lama agar skill bisa berkembang menjadi lebih baik. Menggambar ini biasanya menggunakan banyak imajinasi dari kepala. Namun, juga ada pecinta seni yang masih memerlukan referensi untuk idenya.

Pengertian Teknik Menggambar Ilustrasi

teknik menggambar ilustrasi
teknik menggambar ilustrasi

Pada umumnya, teknik menggambar ilustrasi merupakan suatu cara atau bahkan metode dalam melakukan penggambaran yang bertujuan memperjelas suatu ide maupun cerita. Tujuan dari gambar itu sendiri, yaitu untuk memperjelas, memperkuat, memperindah, memperkaya serta mempertegas.

Tentu saja gambar ilustrasi sendiri akan berkaitan dengan suatu ide atau narasi yang terkandung dalam suatu bacaan. Jadi, para penikmat gambar yang melihat gambar tersebut akan langsung memahami apa maksud dari gambarnya sendiri. Dikarenaka pihak yang bersangkutan harus menggambar dengan jelas.

Sudah begitu banyak sekali para artist yang mendalami bidang gambar ilustrasi ini. Mereka mengandalkan imajinasi dalam kepalanya untuk menuangkan ide tersebut ke dalam sebuah gambar. Tidak menutup kemungkinan, kini banyak yang open commission untuk gambar semacam ini.

Macam-Macam Teknik Menggambar Ilustrasi

Pada umumnya, yang namanya seni itu pasti memiliki banyak jenis dan juga macamnya. Termasuk seni ilustrasi satu ini pun juga mempunyai berbagai macam teknik dalam menggambar. Dikarenakan tidak bisa asal dalam proses pembuatannya, Anda harus mengetahui beberapa teknik lengkapnya berikut ini :

1. Teknik Dussel atau Gosok

Salah satu dari banyaknya jenis teknik yang ada, teknik menggambar ilustrasi pertama adalah teknik dussel atau biasanya disebut sebagai teknik gosok. Untuk jenis satu ini merupakan teknik dalam menggambar yang menentukan gelap dan juga terang pada suatu objek gambar yang sedang digambar.

Biasanya para penggambar akan menggunakan alat berupa pensil untuk menggambar suatu objeknya. Cara membuatnya adalah dengan menggoreskan pensil gambar dalam keadaan miring. Teknik satu ini memiliki hasil akhir yang akan menimbulkan kesan gambar yang gelap serta terang.

2. Teknik Arsir

Kemudian, ada jenis teknik arsir yang terdapat pada jenis teknik gambar ilustrasi. Sesuai dengan namanya, teknik ini merupakan cara menggambar yang memakai suatu garis sejajar atau bahkan menyilang. Tujuannya adalah untuk menentukan gelap maupun terang dari suatu objek gambar.

Dengan begitu, hasil akhirnya akan terlihat seperti 3 dimensi. Bahkan juga akan nampak seperti campuran dari teknik arsiran. Cara membuatnya adalah dengan menggoreskan alat gambar, layaknya spidol, tinda, pensil serta alat lainnya yang menghasilkan kesan gradasi atau gelap terang.

3. Teknik Basah

Teknik basah pada gambar ilustrasi ini, umumnya menggunakan media yang pada dasarnya memang basah. Seperti misalnya saja cait air, minyak, tinta atau bahkan media lain yang masih membutuhkan air / minyak sebagai bahan dasarnya agar teksturnya bisa encer atau nampak cair.

Gambar ilustrasi dengan menggunakna teknik basah ini merupakan teknik atau suatu cara yang proses pembuatan sketsanya dilakukan di bidang gambar 2 dimensi. Seperti misalnya saja kanvas, kertas dan lain – lain. Barulah langkah terakhir menggunakan warna lain sesuai dengan media basah.

4. Teknik Kering

Sesuai dengan namanya, teknik kering pada gambar ilustrasi ini artinya tidak memerlukan penggunaan yang sifatnya encer atau bahkan minyak. Berarti ilustrasinya akan dibuat secara langsung di bidang 2 dimensi pada umumnya. Seperti misalnya saja kertas gambar.

Lalu selanjutnya akan dibuatkan sebuah sketsa, kemudian diberikian aksen garis / warna yang tentu saja sesuai dengan media kering yang digunakan oleh pihak bersangkutan. Alat serta bahan yang mereka gunakan juga simpel. Antara lain seperti pensil / bolpoin, krayon atau bahkan arang.

5. Teknik Pointilis

Teknik pointilis pada gambar ilustrasi ini merupakan suatu cara atau teknik dalam menggambar, caranya dengan menggunakan beberapa titik – titik sampai mampu membentuk suatu objek yang diinginkan untuk digambar. Biasanya hasil akhirnya tidak jauh berbeda dengan teknik arsiran.

Itu karena hasil akhirnya memberikan kesan yang unik dan menarik, yaitu menggunakan sisi gelap dan juga terang sebagai bayangan dari objek yang digambarkan. Sedangkan alat dan bahan yang dipakai antara lain hanyalah pensil atau pena juga bisa. Lalu caranya menitik – titikkan media gambar.

6. Teknik Woodcutting

Teknik woodcutting ini merupakan salah satu teknik yang berbeda dari lainnya, karena termasuk teknik kuno yang cukup lama diterapkan sejak abad pertengahan. Woodcutting sendiri merupakan suatu teknik ilustrasi dengan penggunaan kayu sebagai media gambarnya, sesuai dengan namanya.

Walaupun kesannya jadul atau kuno, banyak para illustrator yang justru menyukai teknik woodcutting satu ini. Itu karena hasil akhir yang ditampilkan lebih terlihat bertekstur dan memiliki perpaduan antara warna gelap serta terang dan juga goresan yang jauh lebih besar.

7. Teknik Metal Etchings

Selain itu, ada salah satu teknik dalam gambar ilustrasi yang terkenal cukup rumit. Namanya adalah teknik metal etchings. Dikatakan rumit karena cara untuk membuatnya menggunakan lapisan seng, baja, atau bahkan logam yang sebenarnya dicelupkan ke dalam zat khusus (zat asam).

Kemudian, lapisan tersebut kembali dimasukkan ke dalam mesin cetak dengan tekanan tinggi. Kegiatan tersebut bersamaan dengan dicelupkannya selembaran kertas sampai membuat cetakan tepat di atas kertasnya.

8. Pencil Illustration

Pada umumnya, teknik pencil illustration ini nampaknya sama seperti teknik yang menggunakan pensil. Seperti teknik arsiran, dussel, dan masih banyak lagi lainnya. Kabarnya, teknik satu ini cukup populer di kalangan illustrator. Itu karena jenisnya bersifat dengan menciptakan suatu garis tajam.

Bahkan hasilnya mampu memberikan kesan bayangan serta transisi yang cukup lembut. Biasanya teknik pencil illustration ini memiliki tiga perbedaan secara signifikan. Pertama, gunakan pensil dengan gaya monokrom, kedua memakai pensil warna halus dan lembut, ketiga perpaduan warna tajam (full colour).

9. Teknik Charcoal Illustration

Kemudian, ada jenis teknik pada gambar ilustrasi yang cukup terbilang unik. Namanya adalah teknik charcoal illustration atau biasanya disebut sebagai ilustrasi arang. Menariknya dari teknik ini, yaitu proses pembuatannya tidak menggunakan pensil seperti teknik lainnya. Namun, justru pakai arang.

Arang tersebut digunakan illustrator tepat di atas kertas sebagai media gambarnya. Uniknya lagi, hasil akhir dari gambar teknik ini terlihat lebih memiliki tekstur. Biasanya para illustrator akan menggunakan tisu serta jarinya untuk dapat menciptakan sebuah bayangan yang halus serta lembut.

10. Teknik Litography dan Watercolor Illustrations

Teknik litography sendiri berasal dari kata Yunani yang memiliki arti “batu”. Pada dasarnya, teknik satu ini mengaplikasikan sebuah minyak atau bahkan lilin untuk menggambar. Illustrator akan menggunakannya ke permukaan pelat batu kapur litografi dengan tingkat yang cukup halus.

Sedangkan teknik watercolor illustrations ini merupakan suatu cara atau metode gambar yang hasilnya memberikan kesan warna begitu lembut dan juga menarik. Sesuai dengan namanya, illustrator akan menggunakan cat air ke bagian kertas secara khusus serta pigmen warna.

Alat dan Bahan Untuk Menggambar Ilustrasi

Alat dan Bahan Untuk Menggambar Ilustrasi
Alat dan Bahan Untuk Menggambar Ilustrasi

Pada dasarnya, dalam rangka membuat gambar ilustrasi tentu saja harus memiliki alat dan bahan yang cukup lengkap. Sama seperti menggambar pada umumnya, Anda harus menyiapkan alat yang khusus agar hasil akhir menciptakan kesan yang jauh lebih menarik dan indah.

  1. Alat Pensil Hitam

Salah satu alat dan bahan yang harus dipersiapkan sebelum menggambar ilustrasi, yaitu mempersiapkan pensil hitam. Anda bisa mengaplikasikan pensil hitam ini dengan tingkat ketebalan mulai dari B sampai dengan 2B, kemudian HB serta 2H – H yang memiliki tekstur paling keras.

Pada dasarnya, pensil ini mempunyai banyak sekali variasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan illustrator. Mulai dari pensil gambar biasa, mekanik, dermatograf, pensil cat atau biasanya disebut sebagai pensil konte. Tentu saja semua pensil tersebut memiliki karakteristik yang berbeda – beda.

  1. Penghapus

Kemudian, alat dan bahan yang tidak boleh tertinggal saat menggambar ilustrasi adalah penghapus. Tidak menutup kemungkinan, bahwa dalam proses pembuatan gambar akan mengalami kesalahan. Baik itu disengaja atau bahkan tidak disengaja.

Bahkan seorang ahli pun juga masih memerlukan penghapus ini saat menggambar ilustrasi. Pada umumnya, penggunaan penghapus ini juga digunakan untuk dapat menghilangkan goresan sketsa yang sekiranya tidak terlalu diperlukan.

  1. Pulpen dan Pensil Warna

Pulpen merupakan salah satu alat untuk menggambar ilustrasi sederhana yang seringkali banyak dibutuhkan illustrator. Biasanya pulpen ini dipakai untuk dapat mendeskripsikan suatu karakter dengan tegas di garis – garis gambar. Seringkali digunakan juga pada tahapan finishing.

Kemudian, ada pensil warna yang biasanya juga digunakan pada saat menggambar ilustrator. Pensil warna merupakan suatu alat untuk dapat digunakan mewarnai gambar ilustrasi di media gambar seperti misalnya kanvas atau bahkan kertas. Tekniknya bisa memakai cara diblok atau mengarsir.

  1. Kertas dan Arang

Seperti kelihatannya, sebelum membuat gambar ilustrasi Anda harus memiliki media gambarnya terlebih dahulu. Media tersebut tidak lain tidak bukan adalah kertas, bahan ini merupakan yang paling umum dibutuhkan. illustrator bisa menyesuaikan jenis kertas untuk dipakai menggambar sendiri.

Kemudian, ada arang atau biasanya disebut charcoal yang merupakan suatu alat dengan bentuk mirip seperti pensil warna pada umumnya. Akan tetapi, dibungkus dengan menggunakan lapisan kertas. Fungsi dari penggunaannya sendiri adalah untuk dapat memberikan warna hitam tajam.

Cara Menggambar Ilustrasi

Cara Menggambar Ilustrasi
Cara Menggambar Ilustrasi

Cara menggambar ilustrasi pun juga tidak terlalu rumit. Setidaknya ada gambaran sederhana yang bisa Anda aplikasikan. Cek ulasan di bawah ini:

  • Tentukan tema gambarnya
  • Buatlah sketsa
  • Tegas dan lengkapi sketsanya
  • Berikan warna atau finishing
  • Mulailah menggambar, mulai dari garis putus – putus
  • Mulai juga dari sketsa tipis
  • Gunakan angka / huruf sebagai acuan
  • Menggambarlah dengan patokan dari gambar lain
  • Bisa juga menggambar menurut imajinasi sendiri
  • Jika sketsa selesai, tebalkan garisnya
  • Ciptakan kesan gelap terang sebagai bayangannya
  • Gambar ilustrasi pun jadi

Seperti itulah beberapa penjelasan secara lengkap dan detail, mengenai informasi dari teknik menggambar ilustrasi. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa illustrator pun juga  memerlukan alat / bahan khusus sebelum menggambar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply