Kain Moscrepe

Jenis Kain Moscrepe

Beberapa dari Anda mungkin sudah familiar dengan bahan jenis kain moscrepe yang banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian karena sifatnya yang banyak disukai dan dibutuhkan orang.

Bahan kain sendiri memang menjadi salah satu faktor penentu kualitas produk pakaian, jadi kain moscrepe merupakan salah satu pilihan terbaik.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai jenis kain ini, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini dari awal sampai selesai, yuk!

Apa Itu Kain Moscrepe?

Kain Moscrepe

Kain moscrepe adalah salah satu jenis kain dari keluarga crepe yang mempunyai permukaan mirip seperti kulit jeruk atau butiran pasir. Walaupun jika dilihat secara sekilas terlihat kasar tetapi kain jenis ini sebenarnya masuk dalam golongan kain yang lentur dan halus jika diraba.

Kain moscrepe ini terbuat dari serat rayon dan kemudian ditenun menggunakan mesin tenun dobby bermotif sehingga akan terbentuk pola butiran kecil yang mirip seperti butiran pasir.

Oleh karena itu, jadilah kain moscrepe yang jatuh, ringan, dan relatif lemas sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai macam model pakaian.

Kain ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis pakaian misalnya seperti gamis wanita, tunik, khimar, pashmina, dress, rok, celana, blouse, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Kain Moscrepe

  1. Jika dibandingkan dengan bahan crepe lain yang mempunyai ketebalan sama maka kain moscrepe inilah yang lebih ringan. Oleh karena itu, pakaian yang dibuat dengan menggunakan kain ini tidak akan terasa berat meskipun memakai banyak bahan.
  2. Serat kain moscrepe cenderung lebih rapat sehingga tidak menerawang.
  3. Pakaian yang terbuat dari kain moscrepe bisa jatuh tetapi tidak melekat di tubuh sehingga sangatlah cocok untuk dipakai menutupi lekukan tubuh.
  4. Kain jenis crepe lain biasanya tidak lentur atau bersifat mati tetapi berbeda dengan moscrepe yang sifatnya lentur ke arah vertikal maupun horizontal.
  5. Harga kain moscrepe bisa dikatakan ada di harga rata-rata, tidak murah dan tidak mahal. Sehingga sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai bahan pakaian berkualitas tetapi dengan harga yang tidak terlalu mahal.
  6. Kain moscrepe tidak mudah kusut dan walaupun kusut tetapi tidak akan terlihat jelas karena disamarkan oleh tekstur kain. Jadi tidak perlu disetrika, pakaian dengan bahan ini akan terlihat selalu rapi.

Kekurangan Kain Moscrepe

  1. Kain moscrepe tidak terlalu tahan dengan suhu tinggi sehingga akan rentan rusak jika terkenal setrika yang panas.
  2. Biasanya kain moscrepe yang berwarna putih akan sedikit menerawang sehingga perlu dilapisi furing.

Jenis Bahan Kain Moscrepe

Adapun beberapa jenis dari kain moscrepe ini, antara lain:

Moscrepe Polyester

Kain moscrepe jenis polyester ini memang terbuat dari serat kain polyster dengan tekstur seperti kulit jeruk yang masih sama dengan moscrepe biasa. Jenis kain ini bisa juga diaplikasikan untuk digital printing.

Moscrepe Viscose

Kain moscrepe jenis ini terbuat dari serat rayon viscose yang sifatnya ringan, lembut jika dipakai, tidak panas, dan mempunyai penyerapan warna yang baik.

Moscrepe Spandex

Kain moscrepe jenis ini terbuat dari bahan lycra atau spandex yang sifatnya cukup licin, nyaman digunakan, sifat elastis yang tinggi sehingga tidak membatasi ruang gerak pengguna, dan bisa mempertahankan ukuran aslinya.

Moscrepe Premium

Kain moscrepe ini biasanya dijual berdasarkan grade atau kelas, salah satu contohnya dan merupakan yang terbaik adalah moscrepe premium. Ciri dari kain moscrepe premium ini adalah teksturnya yang halus atau tidak kasar, tidak panas, jatuh atau lebih flowy, bahan tidak tipis sehingga tidak menerawang.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Kain Moscrepe

Jika Anda memiliki koleksi pakaian yang terbuat dari kain moscrepe maka perlu diketahui bahwa ada beberapa cara untuk merawatnya agar kualitas kain tetap terjaga dengan baik. Berikut ini adalah penjelasannya, antara lain:

  1. Sebelum mencuci pakaian yang terbuat dari kain moscrepe maka lihat terlebih dahulu label pada bagian dalam pakaian untuk mengetahui rekomendasi pencucian.
  2. Untuk mencuci, selalu gunakan detergen yang tepat. Pada pakaian berwarna putih Anda bisa mengaplikasikan pemutih pakaian jika dibutuhkan. Pada pakaian berwarna lain maka hindarilah penggunaan pemutih agar warna tidak rusak atau tetap terjaga.
  3. Sifat kain moscrepe yang lembut menjadikan dicuci secara manual atau dikucek dengan tangan sangatlah disarankan agar kain tetap bagus.
  4. Jangan rendam kain terlalu lama karena akan merusak tekstur dan warnanya.
  5. Untuk menghilangkan noda yang susah hilang maka gosoklah dengan spons basah atau air hangat. Tidak disarankan untuk menggosoknya dengan sikat.
  6. Setelah dicuci, jemur pakaian tanpa diperas agar tekstur kain tidak rusak.
  7. Untuk mengeringkannya, letakkan atau gantung pakaian di tempat teduh dan tidak langsung terkena sinar matahari. Hal ini untuk mencegah adanya pemudaran warna alami kain.
  8. Kain moscrepe yang terbuat dari serat rayon ini bisa saja meleleh apabila terkena suhu panas, sehingga jika ingin menyetrikanya gunakanlah suhu yang rendah saja.
  9. Untuk menyimpan pakaian dari kain moscrepe Anda bisa menambahkan kapur barus agar terhindar dari jamur, noda cokelat pada pakaian, dan munculnya lubang-lubang kecil.

Itu dia informasi terkait kelebihan, kekurangan, dan jenis kain moscrepe yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Leave a Reply