Jenis Kain Untuk Gamis

Jenis Kain Untuk Gamis

Sebagai seorang wanita apalagi seorang Muslimah memang sudah tak aneh lagi jika mengenal berbagai jenis kain untuk gamis.

Justru sebagai seseorang yang sering memakai pakaian tertutup seperti gamis, biasanya memerlukan bahan kain yang lembut, dingin tidak panas khususnya nyaman untuk dipakai. Karena kenyamanan adalah hal paling utama dalam berpakaian.

Atau mungkin bagi kamu yang ingin membuka usaha dalam bidang produksi seperti gamis, kerudung, baju Muslim dan jenis produk berbahan kain lainnya.

Hal paling mendasar yang perlu diketahui adalah jenis kain seperti apa yang berkualitas baik, jenis kain mana yang cocok untuk dijadikan produk gamis tersebut, dan lain sebagainya.

Apalagi di zaman sekarang yang sudah serba online ini, untuk hanya sekedar belanja kain atau baju seperti gamis saja itu sangat mudah.

Kita tidak perlu pergi ke toko kain, hanya tinggal pilih-pilih di internet, pesan, bayar dan tunggu di antarkan.

Karena itulah perlu juga sebagai orang awam kita harus tahu jenis-jenis kain yang memang memiliki kualitas baik atau kualitas buruk, kain mana yang sesuai dengan keinginan kita, dan jenis kain yang memang cocok untuk dijadikan gamis.

Daftar Jenis Kain untuk Gamis Paling Cocok

Jenis Kain Untuk Gamis

Kebanyakan orang akan memilih sebuah kain yang pas untuk dijadikan gamis memang haruslah kain yang berkualitas baik, biasanya berbahan adem dan tidak panas, berbahan lembut dan yang pasti enak dan terasa nyaman saat digunakan.

Namun bagaimana jika saat akan membeli kita tidak tahu jenis kain apa yang memiliki kualitas seperti itu?

Karena itulah sebelum membeli, membuat, atau memproduksi gamis kita perlu tahu dan mengenali beberapa jenis kain yang cocok untuk dijadikan gamis, berikut adalah daftarnya:

1. Bahan Kain Katun

Bagi kamu yang ingin pergi ke acara-acara pesta seperti pesta pernikahan, wisuda, atau acara pengajian, dan pesta lainnya, cocok banget jika memilih kain katun untuk dijadikan bahan gamis pesta.

Karena kain katun dibuat dari serat kapas alami sehingga ketebalan nya cukup sesuai. Selain nyaman dipakai, gamis dengan bahan dasar katun ini akan tetap nyaman jika dipakai dalam waktu yang lama.

Pada umumnya kain katun ini memiliki tekstur kain yang halus dan lembut, serta kuat sehingga tahan lama jika dipakai dalam jangka waktu cukup panjang.

Karena bahan yang adem, kain katun juga cocok dipakai dalam kondisi dan segala cuaca. Menariknya kain katun menjadi salah satu jenis kain yang juga terbaik untuk bahan gamis pria bahkan menduduki peringkat terbaik untuk pembuatan gamis termasuk gamis untuk pria.

2. Katun Jepang

Selain kain katun ternyata ada juga jenis kain katun jepang, kain ini merupakan jenis kain yang terbilang mewah dengan harga yang cukup murah namun memiliki kualitas yang baik.

Bahkan kain katun jepang sudah 5 tahun menjadi salah satu kain paling laku di pasaran. Kualitas dari kain ini mencapai 90 hingga 100 % premium.

Kain katun jepang memiliki serat kain yang sangat lembut dan tak berbulu. Sedangkan untuk warnanya kain katun jepang cenderung tahan lama dan tidak mudah luntur, bahkan memiliki beragam motif yang menarik. Kain katun jepang biasanya dipakai untuk dijadikan gamis, sprei, mukena, dan lain-lain.

3. Kain Linen

Kain linen termasuk jenis kain yang cukup unik karena bisa menyesuaikan di segala cuaca. Seperti saat digunakan di daerah bersuhu panas kain linen akan terasa sejuk bila dipakai, dan akan menghangatkan jika dipakai di cuaca dingin.

Bahan jenis ini sangat cocok digunakan untuk gamis, karena bahannya yang mudah dibentuk serta tahan terhadap jamur pakaian sehingga terkesan awet.

4. Kain Rayon

Dari hasil penelitian yang dilakukan kain rayon memiliki serat buatan yang diolah dari bahan sintetis untuk memperoleh serat sutra namun dengan harga yang relatif lebih murah. Kain ini memang cocok dijadikan gamis karena bahan kain jatuh dan terkesan licin.

Tak hanya itu kain rayon juga memiliki bahan yang halus, lembut dan dingin, serta menyerap keringat.

Namun kain jenis rayon ini biasanya akan mudah kusut dan harus berhati-hati saat mencucinya apalagi jika menggunakan mesin cuci karena kekuatannya yang mudah sobek saat kondisi basah. Jadi disarankan untuk mencuci manual bahan jenis rayon ini.

5. Kain Balotelli

Balotelli sebenarnya hampir sama dengan bahan kain katun. Karena pada industri konveksi kain jenis ini dimanfaatkan untuk pembuatan gamis casual, blouse formal, celana panjang, jilbab, kemeja dan lain sebagainya.

Kain balotelli memiliki tekstur kain yang tebal namun ringan saat dipakai, sehingga cocok jika dijadikan gamis.

Selain itu tekstur nya sangat rapat sehingga tidak menerawang. Uniknya kain balotelli ini bersifat jatuh dan khasnya kain ini berbentuk garis-garis memanjang dan kotak kecil segi empat.

Bahan kain ini juga menyerap keringat dengan sangat baik sehingga pemakainya akan terasa nyaman. Meskipun tebal tapi juga sangat lembut.

6. Kaos Katun Combed

Katun Combed ini bisa merupakan bahan kaos, namun cocok dijadikan bahan gamis apalagi di kalangan anak muda.

Bahan ini memiliki jenis bahan yang cukup kuat sehingga tidak mudah robek. Selain itu katun combed juga memiliki tekstur yang lembut, bahan kain juga adem dan menyerap keringat sehingga tidak akan kepanasan jika memakai bahan kaos ini.

Menariknya bahan katun combed lebih mudah di print seperti sablon karena bahannya yang lentur dari bahan kaos.

Harga dari bahan katun combed ini terbilang cukup murah yaitu di bandrol dengan harga sekitar Rp 50 ribu per meter.

7. Kain Wolfis

Kain yang satu ini merupakan kain yang terbilang cukup populer dan digemari pembeli di pasaran.

Dengan harga yang terbilang murah, sangat cocok dijadikan gamis yang akan terlihat seperti mewah. Hal ini karena kain wolfis memiliki tekstur yang tebal sehingga tidak menerawang namun tetap ringan jika dipakai.

Selain itu juga wolfis tidak mudah kusut dan adem, mudah di setrika, licin dan cukup lembut. Wolfis memang biasa dipakai untuk produksi gamis dan busana Muslim, karena memiliki warna yang lembut dan cerah dengan berbagai motif cantik.

Itulah beberapa jenis kain untuk gamis yang cocok untuk dijadikan gamis dan busana lainnya. Kamu bisa pilih beberapa jenis kain yang sesuai dengan kriteria favorit.

Karena pada setiap jenis kain memiliki keunggulan dan kualitas yang berbeda-beda. Dan selera orang pun tidak akan sama dalam memilih.

Leave a Reply