Jenis Kain Untuk Dress

Jenis Kain Untuk Dress yang Paling Populer Digunakan

Ada banyak jenis kain untuk dress cantik yang sering dipilih oleh para wanita. Dress atau gaun adalah salah satu fashion favorit bagi para perempuan. Memakai pakaian model ini memberikan kesan anggun, feminim, terlihat cantik, dan bahkan dapat menambah rasa percaya diri bagi wanita.

Pada dasarnya definisi dari dress atau gaun adalah pakaian wanita yang antara bagian atas dan bawahnya menyatu. Intinya merupakan pakaian terusan antara bagian atas (atasan) dengan bagian bawah (bawahan) seperti rok. Jadi keduanya tidak terpisah dan merupakan satu kesatuan.

Berdasarkan ukuran panjangnya pakaian yang satu ini juga dibedakan menjadi long dress, middle dress, standard dress, dan mini dress. Long dress memiliki panjang yang sampai ke mata kaki atau bahkan menyentuh lantai. Biasanya gaun ini banyak digunakan oleh wanita Muslimah seperti kaftan.

Jenis Kain Untuk Dress

Middle dress memiliki panjang di bawah lutut akan tetapi masih di atas mata kaki. Atau orang sering menyebutnya dengan tunik. Sedangkan standard dress memiliki ukuran panjang tepat pada lutut. Dan mini dress memiliki ukuran panjang di atas lutut.

Kesemua tipe gaun tersebut dapat digunakan dalam acara formal maupun non formal. Akan tetapi hal ini sangat bergantung kepada bahan dan model yang akan digunakan dalam gaun tersebut. Begitu juga kesan yang ingin ditampilkan dari gaun yang dikenakan.

Jenis Kain Untuk Dress

Ada beberapa jenis kain yang dapat digunakan untuk menghasilkan dress yang cantik dan anggun yaitu:

1. Kain Sutera

Kain ini termasuk salah satu kain yang tergolong mahal dan premium karena cara pembuatannya. Bayangkan saja, kain sutera dibuat dari serat kepompong ulat sutera dan diproses kembali sehingga menjadi lembaran kain. Dengan proses yang lama dan sulit, juga menghasilkan kualitas kain yang lembut, membuat sutera banyak menjadi incaran wanita untuk membuat pakaian.

2. Kain Katun

Adalah bahan yang sangat nyaman untuk dikenakan dalam keseharian. Katun dibuat dari serat kapas sehingga sangat mudah menyerap keringat pemakainya. Selain itu juga harga kain ini relatif murah dan terjangkau. Kain ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam pakaian seperti kaos, kemeja, dan juga dress. Jenisnya pun juga beragam seperti katun Jepang, silk, Paris, katun kombed, katun karded, dan lain sebagainya.

3. Kain Sifon

Kain ini terdiri dari berbagai kombinasi dari rayon, sutera, nilon, dan polyester. Karakter bahannya sangat ringan dan cenderung tipis. Apabila ingin membuat dress Anda dapat menggunakan bahan ini dan melapisi dengan bahan lainnya gar tidak transparan. Akan tetapi kekurangan dari bahan sifon adalah tidak dapat menyerap keringat sehingga kurang cocok apabila digunakan di tempat yang panas.

4. Kain Satin

Sateen adalah teknik yang digunakan untuk memunculkan warna mengkilap pada kain ini. Maka dari itu karakternya sangat halus, licin, mengkilap, di bagian depan kain. Jika menggunakan bahan ini dress akan terlihat lebih mewah. Selain itu bahan satin juga nyaman dipakai. Kain ini terdiri dari bahan serat sutra dan campuran nilon, rayon, juga polyester.

5. Kain Linen

Terkenal sebagai kain yang telah ada sejak peradaban manusia, linen terbuat dari serat alami tumbuhan rami yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan kain. Maka dari itu kain itu juga tergolong kain yang cukup mahal. Teksturnya berserat dan sangat halus jika disentuh. Maka dari itulah kain ini cocok untuk bahan dress. Dengan karakter alamiahnya, kain ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap bakteri dan jamur sehingga kain tetap awet.

6. Kain Tulle

Kain ini biasanya digunakan untuk dress dengan tipe karakter tipis, ringan, kuat dan tahan lama. Kain ini umumnya juga agak kaku, meski ada juga jenis yang lembut. Jika digunakan pada dress, efek mengkilap ditimbulkan oleh kain ini. Biasanya banyak diaplikasikan pada gaun pengantin untuk menambah aksen.

7. Kain Denim

Bahan ini umumnya digunakan untuk membuat celana atau jaket. Karakter bahannya kaku, kuat, tebal, dan tahan lama. Maka dari itu bahan ini sangat cocok untuk dijadikan dress dengan tampilan gaya kasual. Bahan ini juga digemari oleh berbagai kalangan baik laki-laki maupun perempuan.

Tips Cantik Mengenakan Dress

Untuk membuat Anda terlihat cantik dan menawan saat memakai dress, pertama-tama harus mengenali bentuk tubuh masing-masing dan tipe dress apa yang cocok. Misalnya perempuan yang agak berisi dapat menggunakan bahan lace dan model asimetris. Atau bahkan memilih model kerah V dengan sentuhan karet di pinggang akan membuat Anda lebih menawan.

Untuk Anda yang memiliki badan yang proporsional dapat memilih dress yang pas di tubuh. Jangan lupa juga menambahkan aksesoris untuk menunjang penampilan Anda di dalam berpakaian. Pilihlah aksesoris seperti belt, hand bag, boots, dan yang lainnya sesuai dengan dress yang dikenakan.

Akan tetapi tentunya semua pilihan tersebut kembali kepada pribadi masing-masing tergantung kepada percaya diri seseorang. Misalnya apabila wanita yang memiliki tubuh relatif berisi tampil penuh percaya diri dengan dress pas badan, maka hal itu pun dapat dilakukan. Menjadi cantik bukan hanya perkara penampilan dan pakaian yang digunakan tetapi lebih kepada tingkat kepercayaan diri dan bangga dengan apa yang dikenakan.

Akan tetapi alangkah baiknya apabila Anda mengerti tentang cara sederhana dalam memilih jenis kain untuk dress dan tepat saat mengenakannya. Niscaya penampilan Anda akan semakin cantik dan menawan juga menumbuhkan rasa percaya diri.

Leave a Reply