Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Pernahkan Anda mendengar tentang aplikasi perpustakaan sekolah? tentunya aplikasi ini berkaitan erat dengan perpustakaan, yang lebih spesifiknya umumnya digunakan untuk melakukan pengelolaan berbagai kegiatan perpustakaan.

Kegiatan yang ada tersebut mulai dari peminjaman dan pengembalian buku, data ketersediaan buku, dan lain sebagainya.

Biasanya, aplikasi ini dicari cari oleh orang yang mengelola perpustakaan. Aplikasi ini akan membantu perpustakaan mempertahankan koleksi bukunya dan membuat kegiatan pinjam meminjam buku di perpustakaan menjadi semakin nyaman.

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Mungkin Anda terlintas di pikiran Anda, mengapa harus menggunakan aplikasi? Padahal, jaman dahulu Anda bisa melakukannya dengan cara manual saja. Ada beberapa alasannya yang antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Bisa mengkoordinasi dan memanajemen buku dengan baik
  2. Beralih dari metode manual menjadi digital
  3. Memudahkan pekerjaan dalam hal mengelola buku
  4. Membuat perpustakaan makin berkembang

Dan banyak lagi lainnya manfaat yang akan Anda rasakan ketika sudah menerapkan aplikasi perpus sekolah ini di perpustakaan Anda. Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus memilih aplikasi apa yang sekiranya tepat dan yang Anda inginkan.

Daftar Aplikasi Perpustakaan Sekolah yang Harus Anda Ketahui

Berikut adalah berbagai contoh aplikasinya. Semua list di bawah ini bisa Anda dapatkan dan unduh secara gratis!

1. BLIBIO

Bagi pustakawan, pasti setidaknya satu kali pernah mendengarkan tentang aplikasi yang satu ini. Ini adalah aplikasi yang sangat lengkap akan fitur yang disediakan dan juga gratis.

Salah satu kelebihan di aplikasi perpus sekolah yang satu ini, Anda bisa menambahkan detail buku dan juga item baru.

Detail pada buku yang dimaksud adalah Anda bisa menambahkan nomor indeks buku, ISBN, penulis, penerbit, tahun cetak, catatan, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu, item yang bisa Anda tambahkan antara lain kaset, CD, DVD, serta video semuanya bisa Anda tambahkan.

2. PS02

Selain BLIBIO, PS02 adalah aplikasi perpustakaan sekolah yang layak juga untuk digunakan dalam memanajemeni perpustakaan sekolah atau desa Anda.

Ada banyak sekali fitur yang disediakan oleh aplikasi ini yang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Fitur pendataan buku koleksi perpus
  • Cetak label barcode
  • Fitur pendataan anggota (siswa, guru, dosen, staff)
  • Cetak kartu anggota
  • Cetak katalog judul
  • Cetak label buku
  • Cetak katalog pengarang
  • Pengaturan durasi pinjaman
  • Dan masih banyak lagi lainnya

Aplikasi perpus sekolah yang satu ini menyediakan dua versi, versi trialnya dan versi fullnya. Untuk versi percobaan, Anda bisa menggunakannya dengan gratis.

Jika kemudian Anda merasa aplikasi ini cocok untuk Anda gunakan, Anda bisa membelinya secara full versi.

3. Calibre eBook Management

Aplikasi Perpustakaan Sekolah

 

Dari namanya Anda pasti sadar aplikasi ini untuk mengelola apa. Ya, aplikasi ini bisa mengelola perpustakaan buku digital.

Dan yang menarik adalah, Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Buku yang Anda tambahkan bisa diambil dari file arsip. Anda juga bisa menambahkan hasil pencarian ISBN Anda.

Dikarenakan aplikasi ini memang mendukung eBook, ada banyak format yang bisa digunakan. Format-format tersebut antara lain adalah EPUB, PDF, LIT, HTML, TOPAZ, SNB, Comics, File word processor, dan lain sebagainya.

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah kemudahan dalam mencari buku dengan berdasarkan kata kunci, penulis, judul, dan lain sebagainya. Dengan berbagai kelebihan yang ada pada Calibre ini, Anda harus segera mendapatkannya!

Baca Juga: Aplikasi Pembuat Brosur Online Terbaik

4. LMS

Jika Anda ingin desain aplikasi perpus sekolah Anda menarik, menggunakan LMS bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bukan hanya soal desain yang menarik, berbagai fitur yang melengkapinya juga tidak bisa dianggap remeh.

Fitur – fitur lainnya yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi LMS antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pemantauan entri buku
  • Pemantauan keterlambatan peminjaman buku
  • Pembuatan laporan
  • Riwayat peminjaman
  • Dan lain sebagainya

Jika Anda berminat menggunakan aplikasi ini, maka wajib bagi Anda untuk menginstall Microsoft SQL Server di komputer perpustakaan sekolah Anda.

Kemudian, Anda baru bisa menghubungkan LMS. Meskipun harus menginstall ini itu, langkah-langkahnya cukup mudah kok. Hal ini dikarenakan telah disediakan petunjuk yang lengkap.

5. BiblioteQ

Jika Anda lebih mengutamakan kesederhanaan dalam penggunaan aplikasi perpustakaan, maka BiblioteQ bisa menjadi solusinya.

Ada banyak yang bisa dikelola di aplikasi ini mulai dari jurnal, majalah, buku, DVD, CD, atau mungkin video game.

Pada aplikasi yang satu ini, Anda bisa melakukan penambahan, modifikasi, duplikasi dan juga melakukan penghapusan item tertentu yang ada pada menu.

Anda bisa menambahkan atribut jurnal seperti ISBN, ISSN, nomor terbit, volume, dan lain sebagainya ketika hendak membuat jurnal.

Fitur lain yang akan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi ini adalah pencarian data menggunakan ID, kategori, dan judul.

Anda juga bisa melakukan enumerasi data di BiblioteQ ini seperti jenis jilid buku, ratio DVD, rating, lokasi, platform, dan lain sebagainya.

Lima aplikasi perpus sekolah di atas rata – rata bisa Anda dapatkan dengan gratis. Ada beberapa mungkin yang meminta Anda membayar agar mendapatkan versi yang lebih full, tetapi hal ini akan sebanding dengan kualitas aplikasi yang Anda dapatkan.

Dari berbagai aplikasi perpustakaan sekolah di atas, yang mana yang menjadi minat Anda? Pada dasarnya, semua aplikasi tersebut bagus dan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Dengan menggunakan aplikasi perpustakaan, Anda ikut berkontribusi untuk memajukan minat literasi dan baca seluruh siswa di Indonesia.

Leave a Reply