apa itu minecraft

Apa Itu Minecraft?

Apa Itu Minecraft? – Jika Anda adalah orang tua atau kakek-nenek dari anak-anak berusia di atas enam tahun, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang Minecraft. Bahkan, si kecil mungkin sering merengek akan Minecraft.

Bukan karena game itu sendiri karena mereka sudah memilikinya tapi ada berbagai item telah muncul dalam permainan Minecraft. Jadi, apa itu Minecraft?

Tentang Minecraft

Mari kita mulai dengan bertanya “Apa itu Minecraft?” Minecraft adalah game yang dibuat oleh programmer Swedia Markus Persson pada tahun 2009.

Hingga sekarang, Minecraft telah terjual lebih dari 70 juta kopi, lebih banyak dari game PC lainnya dalam sejarah. Terdapat 5 orang membeli salinan permainan setiap detik.

Minecraft akan menhabiskan waktu Anda sebanyak 3 triliun jam untuk memainkan setiap aspek permainan. Microsoft membayar $2,5 miliar untuk Minecraft pada tahun 2014.

Mengapa? Jika Anda telah melihat sekilas permainan ini beraksi, Anda mungkin akan bingung dengan popularitasnya.

Sebagai permulaan, grafiknya primitif dan kotak-kotak atau pixel. Tentunya masih banyak game yang menyajikan visual yang lebih bagus daripada Minecraft.

Dalam hal gameplay, Minecraft tidak bergantung pada pemain yang mendapatkan poin atau menguasai level.

Mode Permainan

apa itu minecraft

Dan di situlah letak kejeniusannya, rahasia daya tarik Minecraft adalah tidak ada aturan. Tidak ada batasan. Ini adalah game yang pamungkas dimana memungkinkan pemain membangun dan menjelajahi dunia mereka sendiri. Ada dua mode dalam game ini.

Yang pertama adalah mode ‘Survival’ di mana pemain menggunakan blok 1 x 1 untuk membangun tempat perlindungan dan mengubah bahan mentah menjadi item untuk disembunyikan dan dilindungi dari monster seperti zombie, skeleton, Creeper dan Endermen.

Mode kedua adalah ‘Creative’ di mana pemain bisa berkeliaran dengan bebas untuk menjelajah tanpa menghadapi ancaman apa pun. Satu-satunya batasan dalam permainan adalah imajinasi pemain.

Mengapa Permainan Ini Populer?

Minecraft menantang gagasan bahwa permainan komputer bisa membawa dampak buruk bagi anak-anak dalam banyak hal. Tidak seperti banyak game lain di mana pemain melakukan tugas berulang untuk mencoba dan membuka level berikutnya.

Game ini adalah tentang mengeksplorasi kreativitas dan membangun sesuatu yang unik. Minecraft juga menantang gagasan bermain game sebagai pengalaman anti-sosial yang menyendiri. Permainan yang satu ini tidak diragukan lagi memberikan pengalaman yang mendalam di tingkat individu.

Namun Minecraft mempunyai popularitasnya yang luar biasa dan daya tariknya yang berkelanjutan didasarkan pada fakta bahwa pada intinya, Minecraft adalah tentang bermain bersama teman-teman Anda dan membangun sesuatu yang luar biasa.

Tidak mungkin Anda dapat menjelajahi segala sesuatu atau membangun segala sesuatu dalam permainan secara individual. Hal ini akan mendorong pemain untuk berbagi apa yang telah mereka buat dan mencari tahu apa yang telah dilakukan orang lain.

Pentingnya komunitas sangat penting untuk kesuksesan Minecraft dan dapat dilihat dari popularitasnya di YouTube, yang sejauh ini merupakan game paling populer berdasarkan penayangan video.

Dari semua penayangan yang dikumpulkan oleh video penggemar di YouTube, 41% dihasilkan oleh Minecraft.

Pemain menonton video untuk mendapatkan inspirasi dan ide baru untuk berkreasi dan membuat saluran mereka sendiri untuk streaming atau merekam permainan mereka sehingga mereka dapat membagikan apa yang telah mereka buat.

Minecraft lebih dari sekadar permainan komputer. Ini adalah dunia di mana anak-anak dan orang dewasa dapat mengeksplorasi kreativitas mereka, bereksperimen dengan coding, dan berbagi pengalaman mereka dengan komunitas yang berkembang.